Malam hari adalah waktu untuk beristirahat bagi yang telah bekerja seharian penuh. Tidak terkecuali bagi seorang ibu rumah tangga, apalagi memiliki bayi. Berada di rumah setiap hari selama 24 jam non stop rasanya malam hari memang paling pas untuk memulihkan tenaga dengan tidur.

Tetapi, beristirahat di malam hari terkadang terganggu karena bayi rewel. Tidak sedikit bayi yang sulit mengawali tidur malamnya dengan mudah. Ibu terkadang dibuat bingung dengan polah bayi yang hanya menangis meskipun diberi ASI atau susu. Jika berada di lingkungan yang jarak rumah yang satu dengan rumah yang lain berjauhan, mungkin tangisan bayi tidak akan mengganggu. Bagaimana jika tinggal di sebuah perumahan dimana dinding rumah kita sangat dekat dengan satu tetangga dengan tetangga yang lain? Tentu risih dan ada rasa tidak nyaman, bukan?

Tips Agar Bayi Tidak Rewel di Malam Hari

My Baby, Salfa ^_^

Nah, berikut tips agar bayi tidak rewel di malam hari (sesuai dengan pengalaman pribadi dan beberapa pengalaman dari teman-teman yang memiliki masalah yang serupa):

  • Memperhatikan kenyamanan pakaian bayi. Boleh jadi baju atau celana/popok yang dipakai bayi dalam keadaan basah. Hal ini paling cepat menjadikan bayi merasa tidak nyaman. Jika pakai diapers sekali pakai, sebaiknya sering-sering diganti. Jangan menunggu sampai muatannya banyak hingga membuat bayi risih.
  • Membersihkan tempat tidur bayi. Hal ini dimungkinkan adanya kotoran tak kasat mata yang bisa mengganggu kenyamanan bayi.
  • Membersihkan badan bayi. Salah satu cara agar bayi tenang adalah dengan membersihkan badan bayi dengan waslap yang sudah basah dengan air hangat. Ada juga yang menjadikan rutinitas mandi sore sebagai alternatif agar bayi bisa nyaman saat tidur malam.
  • Menyalakan lampu tidur. Karena masih terbawa kondisi saat di dalam kandungan, sebaiknya lampu yang digunakan tidak memiliki kapasitas watt yang besar.
  • Menggendong bayi dengan jarik. Kalau di Jawa, jarik adalah kain yang digunakan untuk menopang setengah badan bayi sehingga bayi merasa bahwa sang Ibu memeluknya. Dengan begini, bayi akan merasa nyaman dan hangat.
  • Memberi makan (memberi susu atau ASI). Bayi rewel juga bisa dikarenakan perut yang merasa lapar. Jadi coba memberinya ASI atau susu. Jika bayi lapar pasti akan tenang saat diberikan susu/ASI.
  • Membacakan doa. Bagi saya yang beragama Islam, membacakan doa-doa tertentu saat menjelang malam (Maghrib) tiba adalah hal rutin yang harus saya lakukan. Hal ini untuk menangkis hal yang berbau ghaib yang bisa mengganggu bayi. Sebab, bayi adalah makhluk yang masih sangat rentan dengan pengaruh-pengaruh tersebut. Nah, jika diproteksi dengan doa insha Allah bayi tidak akan rewel.

Semua tips agar bayi tidak rewel di malam hari di atas bisa dilakukan semuanya. Dan yang paling penting adalah selalu pastikan suasana hati dan pikiran berada dalam ketenangan dan bahagia. Sebab, bayi sangat sensitif dengan perasaan dan apa yang sedang dipikirkan oleh ibunya.

Jika ada yang memiliki tips agar bayi tidak rewel di malam hari lainnya, bisa share di sini. Saling memberikan ilmu yang bermanfaat insha Allah menjadi hal yang baik dan bernilai pahala :)