Memiliki bayi memang diperlukan banyak hal. Wawasan, kesabaran, kekuatan dan juga kesehatan sangat penting dimiliki Ibu/Bunda/Mama, seperti saya. Salah satu hal yang sering menjadi pertanyaan saya saat ini adalah “amankah memakaikan diapers pada bayi setiap hari?”. Tentu saja harus saya tahu dan mencari tahu tentang hal ini. Soalnya, Salfa akhir-akhir ini rajin buang air (pipis).

Jika di awal-awal kelahiran Salfa memang sering buang air, saya masih merasakan sedikit kenyamanan karena masih mempekerjakan tukang cuci. Namun, seiring dengan waktu saya harus punya waktu mencuci pakaian bayi sendiri.

Awalnya, semua biasa saja. Lama-kelamaan tubuh saya ternyata tidak sanggup terlalu letih. Akhirnya, saya dan suami bersepakat memakaikan Salfa diapers. Diapers sekali pakai dan juga terkadang cloth diapers (baca: clodi). Seiring waktu, diapers sekali pakai ternyata bisa sedikit menghemat tenaga saya karena tidak terlalu banyak mencuci pakaian setiap pagi.

Bayi Pakai Dapers Setiap Hari, Why Not?

Namun, bukan berarti keputusan memakaikan diapers ini mudah. Masih banyak masukan-masukan dari keluarga bahkan tetangga kalau diapers sekali pakai akan membuat efek samping pada anak. Misalnya, kaki berbentuk O, anak jadi suka ngangkang, teracuni oleh zat yang ada dalam diapers dan sebagainya. Tentu saja itu menjadi bahan pikiran juga.

Saya pun bertanya ke teman-teman yang berpengalaman, dokter, bidan dan juga artikel-artikel kesehatan di internet. Mayoritas mengatakan tidak mengapa menggunakan diapers asalkan sebagai Ibu harus benar-benar mengontrol buang air si kecil. Jangan sampai diapers yang digunakan terlalu lama dipakai atau bahkan pup tetapi tidak segera diganti.

Jadi asumsi saya sampai saat ini, diapers tetap aman untuk bayi asalkan sang Ibu tetap mampu mengonrtol. Ganti diapers setiap 6-7 jam. Supaya urine tidak terlalu berinteraksi dengan kulit bayi karena akan menyebabkan ruam popok. Apalagi jika si bayi pup, maka tanpa pikir panjang harus segera diganti dan tak menunda. Urine saja yang berbentuk cairan akan berpengaruh pada kulit, tentu saja faeces akan lebih dari itu.

Dan perlu diingat bahwa diapers hanya bisa menampung urine bukan faeces. So, mau pakai diapers setiap hari? Why not? 😀