Syukur tiada terkira. Satu bulan pasca melahirkan Salfa akhirnya tiba juga. Bukan bermaksud lebay tetapi inilah mungkin bentuk ekspresi kebahagiaan saya sebagai mommy baru. Dan benar adanya jika menjadi seorang mommy, bunda, ibu, Mama atau apalah sebutannya adalah anugerah yang tiada terkira.

Usia 1 bulan ini, Salfa memiliki banyak kemajuan. Terkadang saya sering tersenyum melihat perkembangan tersebut. Mulai dari gaya tidur, gerakan yang banyak, tinggi dan berat badannya pun menjadi bahan untuk saya observasi setiap saat dan mendokumentasikannya lewat data tiap bulan. Dan untuk 1 bulan ini, Salfa sudah memiliki:

  • Berat Badan: 3,9 kg
  • Panjang: 53 cm
  • Lingkar Kepala: 45 cm

Jika data tersebut dimasukkan ke salah satu aplikasi monitoring perkembangan dan pertumbuhan anak (baca: Mommychi), maka Salfa berada dalam PERTUMBUHAN BAIK, alhamdulillah. Di usia ini juga, Salfa sudah melakukan imunisasi BCG dan Polio 1.

Oiya, 6 hari ke depan ada istilah selapan menurut adat Jawa. Akan ada kegiatan membuat nasi kotak untuk dibagikan ke tetangga-tetangga terdekat. Tujuannya sederhana, meminta doa tulus agar Salfa tetap diberi kesehatan dan menjadi anak sholehah, seperti yang tertulis pada gambar berikut:

created by: @adeesign

created by: @adeesign

Dear Salfa,

Usiamu kini sudah 1 bulan. Masih sangat muda, Nak. Bahkan Salfa sendiri tidak tahu jika Bunda menulis ini untuk Salfa. Tidak mengapa.

Cepat besar dan tetap pintar minum susu ASI-nya yah, Nak. Jangan pernah takut Bunda letih atau sedang ingin melakukan sesuatu yang lain. Tetap saja, Salfa jadi prioritas utama Bunda. Terus sehat dan bahagia karena hadirmu telah memberi warna baru dalam kehidupan Bunda. Yah, kehidupan dengan beragam kejutan yang terkadang harus Bunda tanggapi dengan tangis haru dan senyum merekah.

Selamat menjalani hari-harimu sebagai bayi, anak Bunda yang paling manis sedunia 😀

* Bunda*